3 Manfaat Silaturahim dalam Islam

Semoga Kita Keluar Sebagai Pemenang
June 4, 2019
Zuhud: Kunci Meraih Cinta Allah dan Manusia
June 13, 2019

3 Manfaat Silaturahim dalam Islam

Ditegaskan dalam QS an-Nisa [4] ayat 36 bahwa setelah diperintahkan untuk menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya, kaum muslimin diperintahkan membangun silaturahim dengan sesama manusia (hablum minannas).

Ada tiga manfaat silaturahim dalam Islam:

1. Konsekuensi Keimanan seperti yang termaktub di dalam hadist. “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung tali silaturahim.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dipanjangkan umur dan dilapangkan rezeki. Hal ini tersebut dalam hadist, “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Penyebab masuk surga. Dari Abu Ayyub al-Anshari RA, sesungguhnya seorang laki-laki berkata: Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka. Maka, Nabi SAW bersabda: “Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu denganNya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahim.” (HR Bukhari dan Muslim). (Rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *