Menag Mengimbau Para Jamaah Calon Haji agar Jaga Kesehatan

Sudah Selayaknya Kita Bersyukur
July 8, 2019
Di Madinah, 16 Ribu Jamaah dari Tanah Air Tiba
July 10, 2019

Menag Mengimbau Para Jamaah Calon Haji agar Jaga Kesehatan

IMBAUAN Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, kepada jamaah haji Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji 2019. Khususnya bagi jamaah haji yang sudah berangkat pada gelombang pertama.

Lukman mengatakan hal ini usai membuka acara Ijtima Ulama Alquran Tingkat Nasional di Bandung, Senin (8/7) malam. Bahwa seluruh jamaah haji kita diharapkan betul-betul menjaga kesehatannya, pola hidup sehat, mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, dan cukup istirahat.

Lukman juga meminta untuk jamaah haji yang akan berangkat di gelombang kedua pada 20 Juli mendatang agar mempersiapkan fisiknya sejak di Tanah Air. Jamaah haji yang masih di Tanah Air bisa berolahraga dengan berjalan kaki, sehingga sudah terbiasa saat melaksanakan ibadah haji.

“Bagi yang akan berangkat di gelombang kedua, waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk melatih dengan banyak berjalan supaya lalu kemudian ketika sudah ada di tanah suci kita sudah terbiasa,” ucapnya.

Menurut Lukman, sudah beberapa kali menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang sangat memerlukan kesiapan fisik. Karena, hampir seluruh kegiatan ibadah haji itu berbentuk fisik.

“Selalu saya mengatakan ibadah haji adalah ibadah yang sangat memerlukan kesiapan fisik dari kita semua, karena haji mobilitasnya tinggi. Itu pergerakan dari satu titik ke titik yang lain bisa berhari-hari bahkan selama berminggu-minggu,” kata Lukman.

Ia menyebutkan pada 2018 lalu, total jamaah haji yang wafat masih terhitung banyak, yaitu 381 jamaah. Wafatnya jamaah haji disebabkan lantaran memiliki penyakit jantung, gangguan pernapasan, kanker, diabetes melitus, dan lain-lain. Sejumlah penyakit bawaan tersebut rentan muncul jika dipicu oleh kelelahan, cuaca, panas, debu, dan pola hidup jamaah. (Rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *