Mulai 20 Juli, Gelombang Kedua Jamaah Haji Mulai Diberangkatkan

Di Jeddah, 122 Ribu Jamaah Gelombang Kedua akan Mendarat
July 17, 2019
Pemimpin yang Dicintai
July 19, 2019

Mulai 20 Juli, Gelombang Kedua Jamaah Haji Mulai Diberangkatkan

GELOMBANG kedua jamaah haji asal Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada 20 Juli 2019. Demikian disampaikan Plt Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Ali Rokhmat.

Dia menjelaskan, mereka yang akan diberangkatkan itu sebanyak 121.416 orang, termasuk para petugas kelompok terbang (kloter).

“Gelombang kedua akan diberangkatkan pada 20 Juli-5 Agustus 2019 (17-25 Dzulqa’dah 1440H). Di semua embarkasi haji karena itu lanjutan, hanya penurunan jamaah melalui bandara Jeddah,” kata Ali saat dihubungi, Kamis (18/7).

Calon jamaah haji gelombang kedua ini akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Adapun sebelumnya, gelombang pertama mendarat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah.

Ali mengungkapkan, tiap calon jamaah haji juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi. Sebab, seiring waktu kedatangan jamaah dari berbagai negara membuat bandara di Arab Saudi semakin padat. Kebijakan pemerintah Arab Saudi juga menetapkan agar tiap jamaah tidak berlama-lama di bandara. Belum lagi faktor cuaca pada siang hari yang dapat sangat panas.

“Jamaah yang enggan kenakan kain ihram akan diberikan edukasi, bahwa setelah turun nanti dari pesawat tidak lagi bisa berlama-lama mengganti pakaian ihram di bandara di Saudi, karena untuk mempercepat proses mobilisasi jamaah ke pemondokan di Makkah,” tambahnya. (Rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *