Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Jamaah Haji Indonesia Mulai Padati Kota Makkah
July 22, 2019
Tiba di Tanah Suci, 125.365 Jamaah Haji Indonesia
July 24, 2019

Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat

JELANG Idul Adha pada Agustus mendatang, umat Islam diimbau selektif dalam memilih hewan kurban. Dosen kesehatan masyarakat veteriner pada Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, Dr.drh. Denny Widaya lukman, MSi, menyampaikan hal itu tidak boleh sembarangan dan harus memerhatikan kriteria hewan yang sehat.

Denny menuturkan hewan kurban yang hendak dibeli sebaiknya sehat serta tidak cacat. Terdapat beberapa ciri-ciri hewan yang layak untuk dijadikan kurban.
Pertama-tama, hewan ternak harus terlihat aktif bergerak atau berjalan. Tidak lesu dan tidak pula diam saja atau merebah sepanjang waktu. Hewan ternak juga mesti tampak merespons lingkungan sekitar.

Selanjutnya, pada tubuh hewan itu tidak ada luka terbuka, tidak ada cairan yang keluar dari hidung, telinga, mata, mulut, alat kelamin atau anus. Baik itu berupa darah, lendir, atau busa yang berlebih.

Kemudian, umur minimum 1,5 tahun yang ditandai dengan bergantinya dua gigi depan bawah yang di tengah. Dari gigi tidak tetap menjadi gigi tetap.

Jika seseorang ragu memilih hewan kurban, maka dapat menghubungi petugas dari dinas pemerintah yang membidangi kesehatan hewan ternak.

Kriteria sehat juga berasal dari perlakuan yang diberikan manusia. Hewan sembelihan harus diperlakukan dengan baik (ihsan). Dalam istilah kedokteran, ini disebut sebagai kesejahteraan hewan (animal welfare). (Rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *